www.kerajinantembaga.co.id di desa Tumang merupakan kawasan industri kerajinan tembaga terbesar di jawa tengah. Untuk itu kerajinan tembaga di tumang harus menjaga dan mengembang tumbuhkan nama baiknya agar tidak tersisih dari industri lain yang bergerak dalam bidang sejenis. Seperti kata pepatah semakin besar nama maka semakin besar pula tanggung jawab yang harus dipikul. di desa Tumang tidak hanya berusaha untuk menjaga nama baik namun juga mengembangkan, memperluas dan semakin memajukan daerahnya agar lebih boombastis di kancah pasar internasional yang lebih luas.

Lahir dan tumbuh dengan nama besar, penerus usaha kerajinan tembaga di desa tumang haruslah maju. Maju dalam artian dapat bersaing di pasar bebas. Apalagi Indonesia kini memasuki pasar global. Persaingan diluar akan semakin besar. Jika hanya menghasilkan karya monoton maka tidak akan mampu menyaingi pasar yang semakin variatif dengan banyak inovasi baru. Jika hanya meniru tidak akan menunjukan kemampuan kompetitif dari pengrajin kerajian tembaga di desa Tumang. Maka dari itu selain mengembangkan varian produk kerajinan tembaga Tuman, pengrajin juga harus mempertahankan motif dan corak khas yang telah dimiliki sebagai sebuah simbol atau identitas dari karya anak-anak bangsa.

Saat ini, perkembangan motif dari kerajinan tembaga Tumang sangat menonjol. Tidak hanya dalam kerajinan yang berbau jawa ataupun taraf nasional. Namun perkembangannya mampu memenuhi permintaan pasar dunia. Aplikasi peletakan motif dan corak khas kerajinan tembaga Tumang dengan luwes dapat disandingan dengan budaya-budaya lain yang belum pernah digabungkan sebelumnya. Seperti dalam penggabungannya dengan budaya tionghoa (China), jepang, dan budaya barat yang biasanya disandingkan dengan arsitekturnya. Dan sebagai catatan, pengrajin tembaga Tumang tidak pernah melupakan cirikhas yang mereka miliki selama ini.

BOLEH BACA :  Kerajinan Letter Huruf Tembaga Kuningan