Dalam ilmu Ekonomi, ada tiga pembagian jenis industri : industri kecil, industri menengah, dan industri dalam skala besar (pabrikan). Begitu juga dalam industri kerajinan tembaga-pun sama, ada tiga jenis industri yang eksis. Untuk memulai industri kerajinan tembaga dibutuhkan berbagai persiapan. Persiapan yang dimaksud adalah pengalaman dalam pembuatan kerajinan sejenis dan juga pemahaman pasar.
Pengalaman dalam pembuatan kerajinan tembaga akan sangat membantu dalam memulai industri kerajinan tembaga. Hal ini berhubungan dengan kemampuan Sumber Daya Manusia yang akan memberikan banyak sumbangsih agar tidak terjadi kesalahan fatal yang dapat mengakibatkan kebangkrutan. Atau jika anda akan memulai dengan menjadi motor penggerak atau pemodal hal yang pertama yang harus dilakukan adalah mencari ahli agar dapat membimbing dan mengarahkan. Tentu saja untuk hal ini anda harus mencari orang yang dapat dipercaya.
Pemahan pasar yang baik dalam industri kerajinan tembaga akan banyak berpengaruh besar pada omset yang akan didapatkan. Berikut langkah-langkah untuk mengetahui keadaan pasar:
• Melakukan observasi pasar mengenai produk-produk yang paling diminati dipasaran. Observasi dilakuakan agar produk yang dihasilkan sesuai dengan minat konsumen.
• Menentukan target operasi pasar: dalam artian pasar yang dituju merupakan masyarakat kalangan menengah keatas atau kebawah atau bahkan pasar internasional.
• Selalu melakukan pantauan harga barang baku, agar biaya produksi yang dikeluarkan tidak terlalu besar.
Dalam industri kecil menengah tempat yang digunakan atau yang sering disebut sebagai bengkel kerajinan, tidak harus menggunakan lahan yang luas. Seperti halnya di desa Tumang Boyolali, bengkel produksi hanya dilakukan di halan rumah pengrajin. Ini merupakan salah satu efisiensi pemanfaatan modal. Jika anda berminat belajar tentang bagamana langkah awal pendirian industri kerajinan tembaga? Desa Tumang yang terletak di kecaatan Cepogo Kabupaten Boyolali meruakan referensi yang tepat untuk melakukan observasi lapangan (kerajinan tembaga).