Sebenarnya kerajinan tembaga atau kerajinan kuningan tidak memerlukan banyak perawatan sebab baik tembaga maupun kuningan keduanya bersifat anti korosi sehingga anti karat dan awet dipakai hingga puluhan tahun. Hanya saja jika kerajinan tembaga atau kerajinan kuningan telah di-coating (pelapisan), maka ada sejumlah perawatan khusus yang harus Anda perhatikan.

Coating pada tembaga maupun kuningan sebenarnya berfungsi untuk menjaga warna agar tidak pudar dan tidak mudah berubah karena pengaruh cuaca. Dengan demikian diharapkan kerajinan tembaga maupun kerajinan kuningan tidak akan berubah kualitasnya meskipun ditempatkan di dalam ataupun di luar ruangan.

Pudarnya warna pada kerajinan tembaga maupun kerajinan kuningan pada umumnya disebabkan oleh paparan sinar matahari. Bisa pula disebabkan oleh kontak langsung dengan air garam maupun zat – zat yang bersifat asam. Jika unsur – unsur kimia tersebut menempel secara terus menerus pada coating, maka lapisan coating lama – lama akan mengalami kerusakan. Akibatnya, warna coating akan berubah dan selanjutnya warna tembaga maupun kuningan juga ikut berubah.

Kekuatan coating memang sangat ditentukan oleh kualitas coating yang digunakan. Umumnya coating jenis clear coating finishing berkualitas yang paling digemari. Selain bisa memberikan warna yang lebih menarik, clear coating finishing juga mampu menjaga warna agar tidak mudah berubah akibat pengaruh cuaca. Clear coating finishing mampu melindungi kerajinan tembaga maupun kerajinan kuningan meskipun produk tersebut digunakan sebagai tempat air, terkena deterjen, atau ketika diletakkan di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Cara pembersihan kerajinan tembaga maupun kuningan yang menggunakan clear coating finishing juga tergolong mudah. Anda tinggal membersihkannya dengan menggunakan deterjen saja.

Bagi Anda yang menyukai kerajinan tembaga ataupun kerajinan kuningan yang tidak diberi coating, maka Anda juga tidak perlu khawatir. Anda bisa menggunakan lasol (batu hijau) yang diselep atau bisa pula memakai brasso lalu diusap – usapkan ke produk kerajinan tembaga atau kerajinan kuningan yang Anda miliki. Dalam waktu sekejap, kerajinan tersebut akan kembali mengkilap seperti semula. Bagaimana, cukup mudah bukan?

BOLEH BACA :  Profil Kerajinan Tembaga Menyemarakkan Dunia Maya