Perajin Seni Logam Tembaga Melayani Konsumen Kota Samarinda . Desa Tumang, Jateng lokasinya di antara kaki gunung Merapi & Merbabu yg terkenal itu. Desa Tumang tersebut disebut sebagai sentra bisnis kerajinan kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan logam telah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Jateng. Beberapa keluarga Boyolali-Jawa Tengah memilih usaha rumahan kerajinan tembaga buat dijual ke bermacam konsumen. Ketrampilan mengukir tembaga diwarisi secara turun-temurun dari pendahulunya. Tidak sedikit yg menyampaikan bahwa masyarakat Tumang mengawali usaha kerajinannya dgn hanya membuat alat perkakas rumah tangga seperti alat menanak nasi, panci, ceret, juga lain-lain walau demikian saat ini telah beralih ke kerajinan logam buat keperluan eksterior hotel, gedung, juga lainnya.





Seni ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Jateng, baru-baru ini, mulai menarik dgn meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan daerah maupun manca negara. Usaha terus berkembang cepat. Banyak permintaan datang dari bermacam wilayah di NKRI juga manca negara. Orderan kerajinan kuningan mengalami penambahan signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, contohnya adalah hadirnya teknologi dunia maya. Dgn hadirnya teknologi website maka akan menolong para ahli kerajinan tembaga buat mempromosikan kerajinan tembaganya ke semua wilayah juga manca negara. Teknologi website amat menolong para ahli kerajinan tembaga. Salah satu ahli kerajinan tembaga yg tertolong adalah AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat mempromosikan produk . Tak hanya itu saja, AA Gallery juga mempromosikan produk .



adalah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, bak mandi, juga lain-lain. Konsumen juga dapat mengorder kerajinan logam tembaga sesuai dgn seleranya. Mereka dapat mempunyai rancangan sendiri yg membuatnya.


Mungkin saja tidak sedikit yg ingin tahu harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan logam tembaga amat bermacam-macam walau demikian AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yg menarik. Harga kerajinan logam tembaga disebabkan oleh banyak faktor. Berikut ini ini adalah lebih dari satu faktor yg memengaruhi : mutu bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga semestinya harganya semakin tinggi dikarenakan bahan yg dipakai semakin banyak, demikian juga sebaliknya semakin kecil semestinya harganya juga murah dikarenakan bahan yg dipakai juga sedikit), tingkat kerumitan produksi ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin gampang, harga juga semakin murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan semestinya semakin murah), jika permintaan dari wilayah lain semestinya secara otomatis ditambah ongkir.

Problem para produsen tak sedikit. Kondisi ekonomi yg tak stabil dapat memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan kuningan. Kalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan kuningan jg naik. Permasalahan lainnya, produsen Cepogo masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama konsumen dapat menerima harga yg telah ditetapkan pengrajin tembaga maka produsen tembaga dapat eksis walau minim untung. Oleh dikarenakan itu, pengusaha kerajinan tembaga tetap berdoa stabilitas ekonomi tetap stabil sehingga tak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai pengusaha kerajinan kuningan diharuskan inovatif juga diharuskan menyesuaikan permintaan pasar. Sekarang ini AA Gallery tak hanya menerima permintaan kerajinan kuningan yg dibutuhkan buat keperluan eksterior hotel tapi telah merambah pd produksi kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai proyek juga dapat dikatakan besar. Mengenai desain kubah dapat menyesuaikan kemauan konsumen.

Pada Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg menarik adalah AA Gallery menerima kepercayaan buat membuat juga memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan tak hanya satu sahaja tapi sangat banyak.

Islamic Center itu telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center itu maka kemudian menjadi sentra kegiatan juga ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima permintaan . Berbekal pengalaman berpuluh tahun tahun memproduksi seni logam, AA Gallery semakin mengerti teknik untuk membuat seni logam yg ber-quality juga sesuai yg diharapkan oleh seluruh konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah laba sedikit yg urgen konsumen puas.

BOLEH BACA :  Pengusaha Seni Ukir Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Banyu Asin