Pengusaha Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Pegunungan Arfak . Perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali posisinya diapit lereng gunung Merapi & Merbabu yang terkenal itu. Perkampungan Tumang tsb diketahui sebagai pusat perajin kerajinan tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan logam kuningan sudah menyatu pd masyarakat Tumang, Cepogo-Boyolali. Banyak family Cepogo memilih usaha rumahan kerajinan kuningan buat dijual ke bermacam pasar. Ketrampilan mengolah kuningan dipunyai secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yang menjelaskan bahwa masyarakat Tumang mengawali usaha kerajinannya dengan sekadar menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga diantaranya dandang, wajan, ceret, and lainnya tetapi sekarang sudah berubah haluan ke kerajinan logam kuningan buat keperluan asesoris masjid, kantor, and lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga and kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Boyolali, sekarang ini, mulai menarik dengan naiknya jumlah permintaan, baik permintaan lokal atau luar negeri. Bisnis tetap berkembang tak terkendali. Banyak permintaan berdatangan dari bermacam wilayah di Indonesia and manca negara. Permintaan kerajinan logam bertambah cukup signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, contohnya yaitu adanya teknologi website. Dengan adanya teknologi website maka mau memudahkan para pengrajin kerajinan kuningan buat mempromosikan produknya ke seluruh wilayah and berbagai negara. Teknologi website cukup memudahkan para pengrajin kerajinan kuningan. Salah satu pengrajin kerajinan kuningan yang tertolong yaitu AA Gallery. Sekarang AA Gallery dapat mempromosikan produk . Tidak sekadar tersebut saja, AA Gallery juga mempromosikan produk .



yaitu lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, and lainnya. Customer juga dapat mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dengan seleranya. Mereka dpt memiliki desain sendiri kemudian yang membuatnya.


Mungkin sahaja banyak yang ingin tahu harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan logam kuningan cukup bervariasi tetapi AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam kuningan ditentukan oleh banyak variabel. Berikut ini yaitu banyak variabel yang memengaruhi : mutu bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah mahal disebabkan bahan baku yang dipakai jg banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil semestinya harganya juga murah disebabkan bahan yang dipakai juga sedikit), level kesulitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah gampang, harganya juga menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan semestinya juga murah), jika permintaan dari wilayah lain semestinya akan ditambah ongkir.

Problem para pengusaha nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil dapat mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Jikalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan tembaga juga naik. Permasalahan lain-lain, pengusaha Jateng masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama konsumen dapat memperoleh harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dapat eksis meskipun minim untung. Oleh disebabkan tersebut, pengusaha kerajinan tembaga tetap bermimpi stabilitas ekonomi tetap stabil jadi nggak mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan tembaga diharuskan inovatif and diharuskan memantau permintaan prospek. Masa ini AA Gallery nggak sekadar memperoleh permintaan kerajinan tembaga yang dibutuhkan buat keperluan asesoris hotel tapi sudah merambah pd projek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka harga juga dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan desain kubah dapat menyesuaikan keinginan konsumen.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan yaitu AA Gallery memperoleh kepercayaan buat menghasilkan and memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan nggak sekadar satu sahaja akan tetapi begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut sudah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka selanjutnya menjadi pusat aktivitas and ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Setelah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk memperoleh permintaan . Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun tahun membuat kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah tahu teknik guna menghasilkan kerajinan tembaga yang memiliki kualitas and cocok yang diharapkan oleh seluruh konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah untung sedikit yang penting konsumen puas.

BOLEH BACA :  Kerajinan Air Mancur Diolah dari Tembaga Buat Melengkapi Taman Hias dapat dipesan dari Kota Bengkulu