Indonesia merupakan negara penghasil tembaga nomor tiga terbesar di dunia setelah Chili dan Amerika. Di antara jenis logam yang populer digunakan masyarakat adalah tembaga dan kuningan. Tembaga yang mempunyai nama Latin Cuprum (Cu) didapatkan dari bijih senyawa sulfida. Tembaga terkadang juga dijumpai secara alami dalam mineral seperti azurite, bornite, chalcopyrite, cuprite, dan malachite. Karena mempunyai sifat sebagai penghantar panas dan listrik yang baik, logam ini sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan komponen listrik, perkakas rumah tangga, kendaraan bermotor, koin, komponen biomedik, hingga kerajinan tembaga.

Penambangan tembaga dilakukan dengan metode terbuka dan metode bawah tanah. Di Indonesia terdapat lokasi penambangan tembaga terbesar yakni di area Grasberg, Papua. Tambang tembaga tersebut diusahakan oleh PT. Freeport dan menerapkan metode penambangan terbuka. Namun pada tahun 2015 mendatang metode penambangan akan diganti menjadi metode bawah tanah. Jika rencana ini benar – benar terwujud, Grasberg akan menjadi lokasi penambangan bawah tanah yang terbesar di dunia.

Sedangkan kuningan merupakan hasil perpaduan antara tembaga dan seng. Pada kawat kuningan kadar tembaganya mencapai 62 – 95%. Adapun pada pipa kuningan dan plat kuningan kadar tembaganya mencapai 60 – 90%. Baik tembaga maupun kuningan keduanya memiliki sifat anti karat sehingga awet digunakan hingga puluhan tahun.

Pada perkembangannya, tembaga maupun kuningan dimanfaatkan agar mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Di antaranya dengan menjadikannya sebagai bahan kerajinan tembaga dan kerajinan kuningan. Seiring dengan waktu, kerajinan tembaga maupun kerajinan kuningan semakin mendapat tempat di hati konsumennya. Makin hari peminat kerajinan tembaga dan kerajinan kuningan kian bertambah. Peluang inilah yang tidak disia – siakan oleh Aa Art Gallery, salah satu supplier kerajinan tembaga dan kerajinan kuningan yang ada di tanah air. Aa Art Gallery merupakan home industry yang berdiri sejak tahun 1990. Berbagai produk yang dihasilkan Aa Art Gallery antara lain berupa berbagai macam jenis lampu, kaligrafi, patung, relief, kubah, bathtub, meja, vase, guci, bowl, wastafel, dll. Material pembuat kerajinan tersebut berasal dari tembaga, kuningan serta aluminium. Untuk melihat koleksi kerajinan tembaga dan kerajinan kuningan milik Aa Art Gallery, Anda bisa datang langsung ke showroom-nya di Tumang Kupo, Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah.

BOLEH BACA :  Kerajinan Lampu Tembaga | Lampu Tembaga