Kerajinan tembaga dan kerajinan kuningan memang semakin populer dan banyak peminatnya. Tidak dipungkiri saat ini banyak sekali supplier kerajinan tembaga dan kuningan yang menawarkan aneka produk kerajinan tembaga maupun kerajinan kuningan. Bagi Anda yang awam dan tidak pernah berkecimpung dalam industri kerajinan tembaga maupun kerajinan kuningan, kemungkinan besar merasa kebingungan ketika akan menjatuhkan pilihan. Ditambah lagi, penampilan kerajinan tembaga maupun kerajinan kuningan memang sangat eksotis. Ibarat magnet, kerajinan tersebut memiliki daya tarik yang luar biasa. Siapapun bisa jatuh hati dan ingin segera memiliki koleksinya.

Sayangnya, tingginya minat konsumen terhadap produk kerajinan tembaga maupun kerajinan kuningan tidak diiringi dengan pengetahuan yang cukup mengenai kualitas kerajinan tembaga dan kerajinan kuningan. Umumnya mereka memilih kerajinan tersebut hanya berdasarkan model yang mereka inginkan. Akibatnya, banyak konsumen yang akhirnya kurang memperhatikan aspek – aspek lain yang sebenarnya sangat mempengaruhi kualitas produk kerajinan tembaga maupun kerajinan kuningan. Bila Anda hendak membeli kerajinan tembaga ataupun kerajinan kuningan, tapi tidak mengerti bagaimana cara memilih kerajinan tembaga dan kuningan yang berkualitas, tips berikut ini bisa membantu Anda.

Kerajinan tembaga dan kuningan yang berkualitas memiliki kriteria sebagai berikut:

Pertama, hasil finishing berkualitas. Kerajinan tembaga maupun kerajinan kuningan yang berkualitas tinggi bisa dilihat dari hasil finishingnya. Jika hasil finishingnya halus dan tidak tajam, berarti kerajinan tersebut memang berkualitas. Oleh karena itu Anda harus mencermati setiap detil
produk kerajinan tembaga maupun kerajinan kuningan yang hendak Anda beli. Jangan lupa meneliti bagian lekuk – lekuknya. Pastikan bagian tersebut juga memiliki finishing yang halus.

Kedua, memiliki pewarnaan yang berkualitas. Setelah kriteria pertama terpenuhi, lanjutkan dengan kriteria kedua. Pewarnaan yang berkualitas memiliki ciri merata dan rapi. Tidak ada warna yang tercampur ataupun keluar dari pola.

BOLEH BACA :  Industri Seni Ukir Logam Melayani Pasar Kota Banjarmasin

Ketiga, bandingkan harganya. Setelah Anda yakin bahwa produk yang akan Anda beli telah memenuhi kriteria pertama dan kriteria kedua, ada baiknya Anda juga membandingkan harganya. Pilihlah supplier kerajinan tembaga dan kuningan yang memenuhi dua kriteria di atas tapi berani memberikan harga yang lebih rendah daripada supplier lainnya.