Pengusaha Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Jombang . Desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah terletak diapit kaki gunung Merapi & Merbabu yg termahsyur . Desa Tumang tsb disebut sebagai sentra pengrajin seni kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam telah menyatu pada publik Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Lebih dari satu keluarga Tumang mendirikan kerja rumahan kerajinan logam untuk dipasarkan ke banyak pasar. Keahlian mengolah logam dimiliki secara turun-temurun dari orang tuanya. Tidak sedikit yg menjelaskan bahwa publik Tumang mengawali kerja kerajinannya dgn sekadar membuat alat kebutuhan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, wajan, teko, dan lainnya tetapi sekarang telah beralih ke kerajinan logam untuk keperluan eksterior restoran, gedung, dan lain-lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, saat ini, mulai memberi harapan dgn meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan nasional atau internasional. Kerja semakin tumbuh cepat. Banyak pesanan berdatangan dari banyak wilayah di Negara Tercinta dan luar negeri. Permintaan kerajinan logam kuningan bertambah cukup signifikan ini sebab oleh banyak parameter, contohnya adalah adanya teknologi dunia maya. Dg adanya teknologi internet maka ingin memudahkan para produsen kerajinan logam untuk mempromosikan kerajinan tembaganya ke semua wilayah dan berbagai negara. Teknologi internet memudahkan para produsen kerajinan logam. Salah satu produsen kerajinan logam yg tertolong adalah AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mempromosikan produk . Nggak sekadar tersebut saja, AA Gallery juga mempromosikan produk .



adalah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, dan lain-lain. Pelanggan juga bisa mengorder kerajinan sesuai dgn seleranya. Mereka dapat memiliki desain sendiri setelah itu yg membuatnya.


Mungkin saja tidak sedikit yg bertanya-tanya harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan beragam tetapi AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yg menarik. Harga kerajinan dipengaruhi oleh banyak parameter. Diantaranya sebagai berikut ini adalah beberapa parameter yg mempengaruhi : mutu bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga tentunya harganya semakin mahal sebab bahan yg digunakan bertambah banyak, demikian sebaliknya semakin mini tentunya harganya juga murah sebab bahan yg digunakan juga sedikit), level kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin mudah, harga juga semakin murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan tentunya semakin murah), untuk pesanan dari wilayah lainnya tentunya auto dikenai ongkir.

Permasalahan para pengusaha tak sedikit. Kondisi ekonomi yg tak stabil bisa mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Ketika harga lempengan logam naik maka harga kerajinan tembaga jg naik. Permasalahan lain-lain, pengusaha Jateng masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama konsumen bisa memperoleh harga yg telah ditetapkan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh sebab tersebut, ahli kerajinan tembaga selalu berharap kondisi ekonomi selalu stabil jadi tak mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai ahli kerajinan tembaga diwajibkan inovatif dan diwajibkan memantau selera prospek. Saat ini AA Gallery tak sekadar memperoleh pesanan kerajinan tembaga yg dibutuhkan untuk keperluan eksterior kantor tapi telah merambah pada projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai projek juga terbilang besar. Berhubungan dengan ukiran kubah bisa menyesuaikan kemauan konsumen.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg membanggakan adalah AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk membuat dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan tak sekadar satu saja tetapi banyak.

Islamic Center tersebut telah dibuka oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center tersebut maka setelah itu menjadi sentra kegiatan dan ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk memperoleh pesanan . Berbekal pengalaman berpuluh tahun thn berkarya kerajinan logam, AA Gallery semakin paham teknik guna membuat kerajinan logam yg memiliki kualitas dan cocok yg diinginkan oleh seluruh konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah laba sedikit yg penting konsumen terpuaskan.

BOLEH BACA :  Modernisasi Kerajinan Tembaga Kuningan di Jawa Tengah untuk Memuaskan Pembeli dari Kota Serang