Bisnis Seni Ukir Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Lahat . Kampung Tumang, Boyolali posisinya di antara lereng pegunungan Merapi and Merbabu yang banyak dikenal itu. Kampung tsb disebut sbg pusat pengusaha kerajinan tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam telah mendarah daging pada publik Tumang, Boyolali. Lebih dari satu keluarga di sana memilih usaha di rumah kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke beragam pasar. Ketrampilan mengukir kuningan dimiliki secara turun-temurun dari para pendahulunya. Banyak yang menceritakan bahwa publik Tumang mengawali usaha kerajinannya dg hanya memproduksi alat perkakas rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, panci, teko, & lainnya walau demikian sekarang telah bertolak ke kerajinan logam untuk kebutuhan interior restoran, rumah, & lain-lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di kampung Tumang, Boyolali, saat ini, mulai menggeliat dg naiknya jumlah pesanan, baik pesanan daerah atau internasional. Kerja kerajinan ukir tembaga terus tumbuh pesat. Banyak pesanan berdatangan dari beragam wilayah di Negara Tercinta & manca negara. Orderan kerajinan logam semakin sangat signifikan ini karena oleh banyak faktor, contohnya ialah adanya teknologi website. Dg adanya teknologi website maka mau membantu para ahli kerajinan kuningan untuk mengiklankan produknya ke semua wilayah & banyak negara. Teknologi website membantu para ahli kerajinan kuningan. Salah satu ahli kerajinan kuningan yang tertolong ialah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan tembaga ke tarakan. Tdk hanya tersebut saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke mataram.



Contoh Seni Logam Tembaga ialah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, bak mandi, & lain-lain. Customer jg dapat memesan kerajinan kuningan sesuai dg keinginannya. Mereka dpt memiliki design sendiri kemudian AA Gallery yang meujudkannya.


Mungkin tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan kuningan beraneka ragam walau demikian AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan kuningan dipengaruhi oleh banyak faktor. Berikut ini ialah beberapa faktor yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah tinggi karena bahan yang dipakai juga banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mungil tentunya harganya juga murah karena bahan yang dipakai juga sedikit), level kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah tidak sulit, harganya jg menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentunya juga murah), untuk pesanan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentunya akan dikenai biaya kirim.

Permasalahan para pengusaha kerajinan logam tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil dapat mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan logam. Jikalau harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam jg mahal. Problem lain-lain, pengusaha Jateng masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama konsumen dapat mendapatkan harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dapat eksis walaupun minim untung. Oleh karena tersebut, pengrajin kerajinan tembaga terus-menerus menginginkan kondisi ekonomi terus-menerus stabil jadi tdk mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai pengrajin kerajinan logam wajib inovatif & wajib menyesuaikan selera masyarakat. Sekarang AA Gallery tdk hanya mendapatkan pesanan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk kebutuhan eksterior hotel namun telah bertambah pada pengerjaan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Tentang hiasan kubah dapat menyesuaikan keinginan konsumen.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menarik ialah AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk memproduksi & memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tdk hanya satu saja akan tetapi cukup banyak.

Islamic Center tersebut telah dibuka oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center tersebut maka setelah itu mjd pusat kegiatan & ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Sesudah berpengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan kuningan dari pekanbaru. Bermodal pengalaman puluhan thn memproduksi kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah mengetahui metode guna memproduksi kerajinan tembaga yang ber-quality & sesuai yang diinginkan oleh semua konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yang penting konsumen puas.